HUT Ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional 2019 Wujudkan SDM Unggul

SNN | PACITAN – Peringatan Hari Ulang Tahun PGRI Ke-74 dan sekaligus memperingati Hari Guru Nasional dilaksanakan bersama guru-guru sekabupaten pacitan baik yang sudah PNS maupun yang masih GTT dengan mengambil tema “Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul” bertempat di Stadion Pacitan kelurahan Sidoarjo kecamatan Pacitan. Selasa (26/11/2019).

 

Selain para guru, hadir juga dalam kegiatan tersebut Wakil bupatiPacitan Drs. H. Yudi Sumbogo serta Forkompinda Pacitan yang lain,Ketua PGRI Provinsi Jawa timur, Drs. Ikhwan Sumadi, M.Pd. danKepala Dinas di lingkup Pemkab Pacitan serta tamu Undangan.

 

Bangsa Indonesia hingga kini tidak dapat di pisahkan dengan peran guru. Bahkan guru mulai berperan aktif sejak Indonesia merdeka. Berjuang dalam bentuk baik melalui organisasi maupun langsung ke Medan perang. Pada saat Indonesia merdeka dan sampai detik ini guru terus berjuang untuk bangsanya. Menempatkan diri sebagai elemen penting dalam meningkatkan kualitas dan membangun karakter manusia Indonesia sehingga pembangunan dalam rangka mengisi kemerdekaan republik Indonesia dapat di laksanakan secara berkelanjutan hingga sekarang. Oleh karena itu, sangat tepat jika tema “PERAN STRATEGIS GURU DAPAM MEWUJUDKAN SDM INDONESIA UNGGUL” sebagai tema peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2019.

Pada kesempatan tersebut wakil Bupati Pacitan mengutip pidato Mendikbud RI, Nadiem Makarim.

 

Kutipan tersebut berisi beberapa poin antara lain menyampaikan rasa simpatinya untuk para guru di Indonesia karena tugas mulia dan akan memberlakukan format yang ideal agar guru benar-benar bisa melaksanakan tugasnya secara maksimal sehingga peserta didik semakin berkualitas.

 

Di sisi lain, secara pribadi Bupati Pacitan juga berterima kasih kepada guru yang telah berjasa besar yang juga disampaikan oleh wabub.

 

“Saya berterima kasih dan menaruh hormat yang setinggi-tingginya kepada bapak ibu guru, karena keberhasilan siapapun termasuk saya tidak lepas dari peran dan jasa guru,” Jelas wakil Bupati Pacitan.

 

Selain itu, wakil Bupati Pacitan juga menyampaikan beberapa hal yang di lakukan oleh pemerintah kabupaten Pacitan terhadap guru. Untuk pemajuan pendidikan, Pemkab Pacitan senantiasa melaksanakan perbaikan berbagai sarana dan prasarana pendidikan serta selalu mengajukan jumlah guru kepada pemerintah pusat. Pemerintah kabupaten Pacitan juga mulai memperhatikan kesejahteraan guru utamanya GTT sesuai kekuatan sumber daya yang ada dengan bukti mulai tahun 2020 honor guru GTT akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Beliau berharap guru di Pacitan lebih kreatif lagi dan secepatnya beradaptasi dengan perkembangan sekarang ini, yakni era distruktif revolusi industri 4.0.

 

Rangkaian kegiatan juga dimeriahkan oleh Koes Plus Mania, paduan suara Bahana Nirwana STIKIP PGRI Pacitan dan Paguyupan Karawitan SMA N1 Pacitan. (ASR)